Minggu, 06 Januari 2013

Latihan Multimedia Model Ke 6


Modul 6
Cool Edit Pro 2.1 (bag I)
Pengertian Suara
Suara merupakan sebuah fenomena alamiah yang dihasilkan dari pergetaran sebuah benda. Ketika benda bergetar, tekanan udara tercipta karena molekul udara bertabrakan.
Karakteristik Suara
Frekuensi adalah jumlah osilasi/ tekanan udara per detik pada suatu titik .
Amplitudo adalah besarnya perubahan tekanan suara dalam gelombang
Pengertian Waveform
Tekanan udara yang tercipta karena molekul udara bertabrakan tersebut menghasilkan pergerakan gelombang (seperti riak air) yang disebut dengan Osilasi. Pergerakan gelombang atau osilasi pastilah mempunyai pola, pola itulah yang disebut dengan Wavefrom.
WafeForm inilah yang jika sampai ke gendang telinga akan memberikan tekanan dan dapat menyebabkan gendang telinga bergetar. Pergetaran ini kemudian akan diteruskan kepada cochlea (organ di dalam telinga yang berupa serangkaian tulang – tulang yang sangat kecil dan memiliki lebih dari 10.000 rambut – rambut halus yang berbeda ukurannya) yang akan mengubah getaran ke gendang telinga menjadi denyut syaraf. Denyut syaraf inilah yang bergerak menuju otak untuk diterjemahkan.
Cara computer menangkap dan menghasilkan suara
Komputer melakukan proses ADC (Analog to Digital Converter) atau kebalikannya DAC (Digital to Analog Converter), untuk menangkap atau menghasilkan suara. ADC adalah sebuah proses yang mengkonversi sebuah sinyal audio menjadi sebuah sample digital dan DAC adalah proses kebalikannya yaitu mengkonversi sample digital menjadi sinyal audio. ADC dan DAC ini telah ditanamkan pada sebuah chip yang dipasang pada sound card.

Ambang batas manusia menerima kerasnya suara
Ambang batas manusia dapat menerima kerasnya suara adalah 6 desibel dan range frekuensi yang dapat diterima manusia antara 20Hz sampai dengan 20KHz.
Mengenal Cool Edit Pro 2.1
berikut ini merupakan tampilan interface cool edit pro saat kita membukanya pertama kali :
1.      Sound Sampling :
Klik menu  File > New
Gunakan Sample Rate 44100 Hz, Resolution 16-bit, dan Channels Stereo, lalu klik button OK
Daftar Istilah
Sound sampling
Proses pengambilan sinyal audio melalui peralatan yang disebut sampler. Contohnya adalah Microphone
Sample
Hasil dari proses Sound Sampling
Sample Rate
Jumlah sample per detik yang digunakan untuk menyimpan suara
Resolution
Jumlah bit yang digunakan untuk merepresentasikan setiap sample (semakin besar resolution maka noise semakin berkurang dan ukuran file sound samakin besar dan sebaliknya)
Channels
Saluran suara yang tipenya ada dua yaitu mono (satu saluran) dan stereo (dua saluran)

Akan muncul sound canvas seperti berikut :

Untuk merekam suara kita hanya perlu menekan button   ,rekam dengan menggunakan microphone, hingga akan muncul proses perekaman suara di sound canvas.
Jika sudah, klik button stop  maka akan muncul tampilan canvas seperti berikut :
Klik button play  untuk mendengarkan hasil rekaman sampling anda tadi.

2.      Memotong Sampling
Seleksilah WaveForm atau gelombang yang terdapat pada sound canvas yang ingin kita hapus









Setelah itu klik button cut , maka sampling yang kita pilih tadi akan terhapus.

3.      Menggunakan Fade In dan Fade Out
Fade In adalah suara yang bergerak dari keadaan diam lalu membesar secara bertahap. Sedangkan Fade Out adalah suara yang bergerak dalam keadaan terdengar lalu diam secara bertahap.
a.       Seleksilah WaveForm atau gelombang yang terdapat pada sound canvas.
Klik menu favorites > fade in
Jika bentuk waveform pada sound canvas anda berubah

Itu tandanya bahwa proses Fade In sukses terbentuk.
b.      Seleksilah WaveForm atau gelombang yang terdapat pada sound canvas.
Klik menu favorites > fade out

Jika bentuk waveform pada sound canvas anda berubah
Itu tandanya bahwa proses Fade In sukses terbentuk.
4.      Menggunakan Effect Pitch Bender
Effect Pitch merupakan efek yang mengolah nada. Dengan menggunakan effect pitch bender anda akan teringat masa dimana anda mendengarkan kaset lagu, tiba – tiba listrik turun naik tidak beraturan atau efek seperti pita kaset yang kusut. Inilah efek yang akan anda buat.
a.       Seleksilah waveform yang anda inginkan
b.      Klik effect > Time/Pitch > Pitch Bender. Maka akan muncul tampilan berikut :
Gunakan Presets Squirrely, klik button OK, lalu klik button play untuk mendengarkan.
Latihan :
Bukalah sebuah lagu. Potong menjadi durasi 2 menit, lalu ubahlah lagu tersebut dengan menggunakan effect Pitch Bender , dengan Presets yang berbeda – beda. Lalu lihat perbedaan diantara Presets tersebut.


Cool Edit Pro 2.1 (bag II)
1.       Membuka File video di Cool Edit Pro (no audio)
-          Klik insert > video from file, cari file yang mengandung video
-          Setelah file ditemukan, klik button open
-          Maka Interface cool edit pro terlihat seperti berikut
-          Coba klik tombol play.
-          Untuk melihat video secara utuh dapat menggunakan video windows dengan cara memilih view > show video windows, tampilan akan berubah. Dengan adanya video windows ini anda dapat melihat keseluruhan video ketika dilajankan.


2.       Menggabungkan file audio ke file video
-          Klik menu insert > wave from file, cari file audio
-          Setelah file ditemukan, klik button open
-          Selain itu kita juga bias menggabungkan video dengan suara yang akan kita rekam langsung menggunakan microfon.
-          Pilih track 3, dengan cara  , lalu seperti yang telah dijelaskan sebelumnya kita hanya perlu klik tombol rekam, dan apabila telah selesai klik tombol stop.
-          Untuk melihat hasilnya klik tombol play

3.       Memisahkan file audio dari file video
-          Klik menu insert > audio from video file. Buka video yang mengandung audio.
-          Setelah dipilih, klik open
-          Maka interface yang akan muncul seperti ini
-          Lalu klik play untuk melihat hasilnya

Latihan
Gabungkanlah sebuah video dengan musik, dan suara yang anda rekam menggunakan microfon.
Simpan hasil kerja di folder anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar