Modul 6
Cool Edit Pro 2.1 (bag I)
Pengertian Suara
Suara merupakan sebuah fenomena alamiah yang
dihasilkan dari pergetaran sebuah benda. Ketika benda bergetar, tekanan udara
tercipta karena molekul udara bertabrakan.
Karakteristik Suara
Frekuensi
adalah jumlah osilasi/ tekanan udara per detik pada suatu titik .
Amplitudo
adalah besarnya perubahan tekanan suara dalam gelombang
Pengertian Waveform
Tekanan
udara yang tercipta karena molekul udara bertabrakan tersebut menghasilkan
pergerakan gelombang (seperti riak air) yang disebut dengan Osilasi. Pergerakan
gelombang atau osilasi pastilah mempunyai pola, pola itulah yang disebut dengan
Wavefrom.
WafeForm
inilah yang jika sampai ke gendang telinga akan memberikan tekanan dan dapat
menyebabkan gendang telinga bergetar. Pergetaran ini kemudian akan diteruskan
kepada cochlea (organ di dalam telinga yang berupa serangkaian tulang – tulang
yang sangat kecil dan memiliki lebih dari 10.000 rambut – rambut halus yang
berbeda ukurannya) yang akan mengubah getaran ke gendang telinga menjadi denyut
syaraf. Denyut syaraf inilah yang bergerak menuju otak untuk diterjemahkan.
Cara computer menangkap
dan menghasilkan suara
Komputer
melakukan proses ADC (Analog to Digital Converter) atau kebalikannya DAC (Digital
to Analog Converter), untuk menangkap atau menghasilkan suara. ADC adalah
sebuah proses yang mengkonversi sebuah sinyal audio menjadi sebuah sample
digital dan DAC adalah proses kebalikannya yaitu mengkonversi sample digital
menjadi sinyal audio. ADC dan DAC ini telah ditanamkan pada sebuah chip yang
dipasang pada sound card.
Ambang batas manusia
menerima kerasnya suara
Ambang
batas manusia dapat menerima kerasnya suara adalah 6 desibel dan range
frekuensi yang dapat diterima manusia antara 20Hz sampai dengan 20KHz.
Mengenal Cool Edit Pro
2.1
berikut
ini merupakan tampilan interface cool edit pro saat kita membukanya pertama
kali :
1. Sound
Sampling :
Klik
menu File > New
Gunakan
Sample Rate 44100 Hz, Resolution 16-bit, dan Channels Stereo, lalu klik button
OK
Daftar
Istilah
Sound sampling
|
Proses pengambilan
sinyal audio melalui peralatan yang disebut sampler. Contohnya adalah
Microphone
|
Sample
|
Hasil dari proses
Sound Sampling
|
Sample Rate
|
Jumlah sample per
detik yang digunakan untuk menyimpan suara
|
Resolution
|
Jumlah bit yang
digunakan untuk merepresentasikan setiap sample (semakin besar resolution
maka noise semakin berkurang dan ukuran file sound samakin besar dan
sebaliknya)
|
Channels
|
Saluran suara yang
tipenya ada dua yaitu mono (satu saluran) dan stereo (dua saluran)
|
Akan
muncul sound canvas seperti berikut :
Untuk
merekam suara kita hanya perlu menekan button
,rekam dengan menggunakan microphone, hingga
akan muncul proses perekaman suara di sound canvas.
Jika
sudah, klik button stop maka akan muncul tampilan canvas seperti
berikut :
Klik
button play untuk mendengarkan hasil rekaman sampling anda
tadi.
2. Memotong
Sampling
Seleksilah
WaveForm atau gelombang yang terdapat pada sound canvas yang ingin kita hapus
Setelah itu klik
button cut , maka sampling
yang kita pilih tadi akan terhapus.
3. Menggunakan
Fade In dan Fade Out
Fade
In adalah suara yang bergerak dari keadaan diam lalu membesar secara bertahap.
Sedangkan Fade Out adalah suara yang bergerak dalam keadaan terdengar lalu diam
secara bertahap.
a. Seleksilah
WaveForm atau gelombang yang terdapat pada sound canvas.
Klik menu favorites
> fade in
Jika bentuk waveform pada sound canvas anda berubah
Itu
tandanya bahwa proses Fade In sukses
terbentuk.
b. Seleksilah
WaveForm atau gelombang yang terdapat pada sound canvas.
Klik
menu favorites > fade out
Jika bentuk waveform pada sound canvas anda berubah
Itu
tandanya bahwa proses Fade In sukses
terbentuk.
4. Menggunakan
Effect Pitch Bender
Effect Pitch
merupakan efek yang mengolah nada. Dengan menggunakan effect pitch bender anda
akan teringat masa dimana anda mendengarkan kaset lagu, tiba – tiba listrik
turun naik tidak beraturan atau efek seperti pita kaset yang kusut. Inilah efek
yang akan anda buat.
a. Seleksilah
waveform yang anda inginkan
b. Klik
effect > Time/Pitch > Pitch Bender.
Maka akan muncul tampilan berikut :
Gunakan
Presets Squirrely, klik button OK, lalu klik button play untuk mendengarkan.
Latihan
:
Bukalah
sebuah lagu. Potong menjadi durasi 2 menit, lalu ubahlah lagu tersebut dengan
menggunakan effect Pitch Bender , dengan Presets yang berbeda – beda. Lalu
lihat perbedaan diantara Presets tersebut.
Cool Edit Pro 2.1 (bag
II)
1.
Membuka File video di Cool Edit Pro (no audio)
-
Klik insert > video from
file, cari file yang mengandung video
-
Setelah file ditemukan, klik
button open
-
Maka Interface cool edit pro
terlihat seperti berikut
-
Coba klik tombol play.
-
Untuk melihat video secara utuh
dapat menggunakan video windows dengan cara memilih view > show video
windows, tampilan akan berubah. Dengan adanya video windows ini anda dapat
melihat keseluruhan video ketika dilajankan.
2.
Menggabungkan file audio ke file video
-
Klik menu insert > wave from file, cari file audio
-
Setelah file ditemukan, klik
button open
-
Selain itu kita juga bias
menggabungkan video dengan suara yang akan kita rekam langsung menggunakan
microfon.
-
Pilih track 3, dengan cara , lalu seperti yang telah dijelaskan
sebelumnya kita hanya perlu klik tombol rekam, dan apabila telah selesai klik
tombol stop.
-
Untuk melihat hasilnya klik
tombol play
3.
Memisahkan file audio dari file video
-
Klik menu insert > audio from video file. Buka video yang mengandung
audio.
-
Setelah dipilih, klik open
-
Maka interface yang akan muncul
seperti ini
-
Lalu klik play untuk melihat
hasilnya
Latihan
Gabungkanlah
sebuah video dengan musik, dan suara yang anda rekam menggunakan microfon.
Simpan hasil
kerja di folder anda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar