Minggu, 06 Januari 2013

Modul Multimedia Latihan Ke 7


MODUL 7
ULEAD VIDEO STUDIO 11 EDITING VIDEO
 

Film
Fil merupakan rangkaian dari banyak frame gambar yang diputar dengan cepat. Masing-masing frame merupakan tahap-tahap (sekuen) suatu gerakan. Mata kita tidak akan dapat menangkap perbedaan (titik jeda perpindahan) antar frame jika rangkaian gambar diputar dengan kecepatan diatas 20 frame per detik. Otak kita akan menangkapnya sebagai ilusi  gerak.

Video Editing dengan Komputer
Sebelum kita mempelajari tentang video editing, sebenarnya yang disebut video itu apa? Video atau gambar bergerak adalah rangkaian dari banyak frame (bingkai) gambar yang diputar dengan cepat (ingat teknologi yang digunakan dalam sebuah pertunjukan layar tancap pada masa yang lalu). Masing-masing bingkai merupakan rekaman tahap-tahap (sekuen) suatu gerakan yang kemudian ditangkap oleh otak kita sebagai ilusi gerakan. Jelas bukan, apa yang dimaksud dengan video, sekarang mari kita lihat lebih dalam, apa yang kita
lakukan dalam video editing. Dahulu jika kita ingin mengedit dan memanipulasi video, kita membutuhkan berbagai macam peralatan video editing yang harganya sangat mahal. Di era sekarang, dengan adanya komputer, pekerjaan video editing dapat dilakukan lebih mudah dan murah. Dengan komputer kita dapat menghemat biaya produksi pembuatan film karena kita hanya membutuhkan seperangkat komputer multimedia.
Standar video yang digunakan dalam video editing ada 3 macam yaitu : SECAM, PAL dan NTSC. Setiap standar menerapkan kecepatan putar film (frame rate) tersendiri dan dianut oleh wilayah tertentu. Semakin besar frame rate yang diterapkan, maka akan semakin halus pula hasil video yang dihasilkan. Kalau kita hubungkan dengan memori penyimpana di dalam komuter, maka dengan frame rate yang lebih besar, maka akan lebih besar pula memori yang diperlukan untuk penyimpanannya. Standar PAL diadopsi di wilayah-wilayah sebagai berikut : Indonesia, Cina, Australia dan Uni Eropa. Sedangkan Standar SECAM diterapkan di wilayah-wilayah : Perancis, Timur Tengah, dan Afrika. Dan standar NTSC diterapkan pada wilayah-wilayah sebagai berikut : Amerika, Jepang, Kanada, Meksiko dan Korea. Untuk besarnya frame rate NTSC memiliki frame rate (fps : frame per second) yang terbesar, yaitu mendekati 30 fps atau 30 fps, sedangkan untuk PAL dan SECAM memiliki frame rate sebesar 25 fps. Format data untuk video digitak ada beberapa macam, yaitu Digital 8, AVI, WMV, 3GP, MOV, MPEG1 (VCD), MPEG2 (DVD) DV, MPEG4 dan lain sebagainya. Perbedaan antara berbagai macam tipe data tersebut terdapat pada data rate, yaitu aliran data per detiknya, dan resolusi atau ukuran rekaman gambarnya.

Ulead VideoStudio
Salah satu Software untuk edit video adalah Ulead Video studio 11, fitur nya cukup lumayan bagus, setelah ulead versi sebelumnya yaitu Ulead Video studio versi 8, dan versi Ulead Video studio 10 kini yang versi 11, lebih lengkap lagi.
Ulead Video Studio 11 merupakan pilihan yang tepat bagi user yang bermaksud mengolah video menggunakan PC. Selain kesederhanaan antarmuka dan kemudahan memahami perintah yang harus dijalankan, Ulead Video Studio memiliki dukungan yang luas pada beberpa format video, seperti : format Avi, DV, MPGE atau DVD.
Dengan software punya COREL ini, kita bisa ngedit video layaknya video editing profesional dengan mudah. Salah satu aplikasi yang telah mendukung format DVD adalah Ulead Video Studio 11. Program ini memiliki interface yang sederhana tetapi mampu memberikan kekuatan pada hasil akhir file video yang dihasilkan. Selain itu, output yang dihasilkan dapat berupa image yang disimpan pada hardisk maupun secara langsung ditulis pada CD-RW atau DVD-RW.




1.    Tampilan Awal Ulead Video Studio 11 :

Video Studio Editor  : Untuk edit  video secara mandiri dan bebas sesuka anda. Gunakan
                Pilihan  ini untuk mengedit video.
Movie Wizard                        : Dengan option ini anda dapat mencapture kemudian membakar
 dalam bentuk disk dengan mudah tanpa melalui editing yang rumit.

DV-to-DVD Wizard  : Option ini anda pilih jika ingin meng capture dari handycam
 (Camcoder)  langsung ke dalam bentuk DVD dengan langkah-langkah  
 petujuk (wizzard)  praktis.





2.     Tampilan Utama Ulead Video Studio 11
1.      Menu Toolbar
Terdiri dari file menu, edit menu,clip menu dan tool menu. Menu-menu standar seperti open project, save project, copy paste ada di toolbar ini.
2.      Step Toolbar/Panel
Terdiri dari 7 step atau langkah untuk mencapture dari camera, mengedit dan membakar dalam bentuk CD/DVD.
3.      Navigation toolbar
Tombol-tombol yang kita gunakan untuk memainkan file movie movie yang sedang kita edit, sebelum memainkan pilih dulu Play Mode , yang akan di mainkan apakah klip atau seluruh video.
4.      Galery
Tumbail dari file movie, video, efek atau image yang sudah di upload ke galery. Isi dari galeri Dinamis mengikuti panel toolbar yang sedang aktif.
5.      Option
Panel yang berisi option untuk merubah settingan dari film maupun efek. Option bersifat dinamis tergantung panel atau step apa yang sedang aktif. Untuk mengeluarkan option dari sebuah objek, aktifkan objek tersebut atau di seleksi.
6.      Cut Clip
Tombol Mark-in, Mark Out, Enlarge, Cut. Untuk menandai awal, akhir, membesarkan dan memotong klip.
7.      Overlay Track Manager
Di dalam ulead versi 11 di sediakan 6 buah overlay sehingga memberikan kesempatan untuk berkreasi lebih baik.
8.      Storyboard Mode
Kita gunakan story board untuk memasukan video/clip dan menyusunnya.


9.      Timeline View
Pada tampilan timeline view video/clip akan ditampilkan secara linear.  Track juga akan terlihat video, musik, voice, overlay video dan tittle akan dimasukan sesuai dengan trak yang disediakan.

10.  Audio view
Dalam view ini yang kita edit adalah audio. Untuk memotong, membuat fade in/out mengatur volume dan sebagainya.

3.    Memulai edit Video

1.      Membuka Program Ulead Video Studio 11
Setelah membuka program ulead, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :


Kemudian pilih VideoStudio Editor, dimana menu ini mempunyai kemampuan penuh dari Ulead Studio, kita dapat melakukan seluruh pekerjaan sesuai keinginan dan kemampuan anda dalam memproduksi film. Kita dapat mengeksploitasi semua fasilitas Ulead. Dan mengaplikasikannya dalam proses produksi film.

2.      Memasukan Video dan Objek
Memasukan video, ada beberapa cara yaitu :
a.      Capture, setelah capture selesai hasilnya akan otomatis tampil pada galeri.
b.      Load Video, video yang berada dalam hardisk dapat diambil yang kemudian akan digunakan sebagai tambahan editing. Selain video, gambar dan audio juga dapat dimasukan sesuai dengan library yang aktif.


3.      Memotong Video
a.      Memotong klip dengan Trim Handles
    geser
Potong
b.      Memotong klip langsung pada timeline dengan menampilkan track  timeline.

4.      Efek-efek
a.      Transisi
Transisi adalah efek perpindahan antara satu clip ke clip yang lain. Adanya efek transisi tepat akan mejadikan video lebih dinamis dan pemirsa tidak kaget dengan kemunculan video berbeda secara tiba-tiba.
Penggunaannya sama dengan objek lainnya, yaitu Drop and Drag diantara dua video berbeda di timeline atau storyboard. Tampilan transisi dapat dilihat di gambar dibawah ini.

Transisi

b.      Video Filter
Video filter adalah efek yang dapat anda aplikasikan pada klip sehingga penampilan dari klip tersebut berubah. Tersedia banyak efek video siap pakai dalam video filter, seperti mosaic, old film, brightness dan lain-lain.
Video filter digunakan untuk menciptakan komposisi video yang lebih baik dan keren dengan menambahkan efek-efek padanya.
Berikut adalah contoh penggunaan efek video filter old film.


5.      Overlay
Overlay adalah suatu obyek yang akan berada diatas obyek lain saat dimainkan. Overlay dibuat dalam track overlay pada track video. Langkah umum untuk membuat suatu overlay adalah seperti berikut ini :
1.     Tampilan track video dalam tampilan Timeline
2.     Tambahkan suatu obyek (bisa berupa klip video, warna, image atau obyek lain) kedalam track overlay.
3.     Atur tata letaknya pada layar preview.
4.     Atur setting lainnya pada tab attribute dalam panel pilihan

Berikut adalah gambar hasil  overlay

·         Menambahkan Gerakan pada overlay
a.      Klik overlay yang akan diatur.
b.      Gunakan Direction/Style yang terdapat pada tab attribute dalam panel pilihan. Pilihan pada kotak Enter adalah untuk menentukan posisi dimana overlay akan muncul. Posisi ikon mewakili posisi di layer dan arah gerakannya. Pilhan pada kotak Exit menentukan posisi dan arah akhir gerakan overlay.

·         Pada Overlay Track terdapat penambahan menu yaitu Mask & Chroma Key dan Alignment Options. Juga terdapat penambahan fungsi Directionary Style yang berfungsi video overlay muncul dan menghilang (fungsi fade in dan fade out).
Type Chroma Key berfungsi untuk menghilangkan warna tertentu pada video. Sedangkan Mask Frame berfungsi menghilangkan bagian tertentu pada video (sama seperti Masking pada Photoshop).

MODUL VI
ULEAD VIDEO STUDIO 11
EDITING VIDEO II



1.      Title Dan Animasi
Tittle adalah tulisan dalam tulisan dalam video sebagai keterangan tambahan dari komposisi video yang dibuat.
·         Membuat Title baru
a.      Buka proyek baru pada ulead videostudio 11
b.      Klik pada tab tittle sehingga pada layer preview terdapat tulisan seperti pada gambar dibawah ini

c.       Klik ganda pada suatu lokasi dalam layer preview sehingga insertion point dan kotak teks pada posisi tersebut muncul selanjutnya ketikkan teks yang dikehendaki.

·         Mengedit Title
a.      Klik title pada track, sehingga title yang akan diedit dimunculkan di layer preview.
b.      Klik pada layer preview, sehingga muncul kotak teks dengan kotak kuning pada pojok serta tengah garis kotak teks.
c.       Geser kotak kuning pada tengah garis  kotak teks untuk memperbesar atau  memperkecil kotak teks pada satu arah saja.
d.      Jika ingin menggunakan library title, tinggal tunjukan title yang akan digunakan dalam library title, kemudian seret kedalam track title.
e.       Klik ganda title dalam track title sehingga kotak teks title menjadi terpilih dalam layer preview.
f.       Editlah isi kotak teks sesuai keinginan. Jika perlu, tambahkan atau ubah setting lain termasuk berikan efek animasi.
2.      Audio
Audio merupakan bagian yang sangat penting dalam proyek film. Pengaturan audio yang tepat akan mendukung sebuah proyek fil m yang bagus. VideoStudio menyediakan dua track dalam timeline untuk menempatkan audio, yaitu track voice dan track music. Track voice biasa dipakau untuk menempatkan narasi atau dubbing audio, sedangkan track music biasa dipakai untuk menempatkan musik latarbelakng dan efek audio.
·         Menambahkan Audio dari File audio
a.      Jika file audio sudah terdaftar dalam library, anda cukup mengklik dan menggeser audio dari daftar library audio ke dalam track voice atau track music.
b.      Dapat juga menggunakan ikon load audio untuk menambahkan file audio kedalam daftar library.
c.       Atau bisa juga dengan menggunakan ikon insert media files untuk memasukan file audio langsung ke dalam track voice atau track music.

·         Memotong audio
Cara memotong audio adalah sama dengan cara memotong klip video. Bisa langsung memotong dari track voice dan track music atau mengunakan trim handles pada layar preview.

3.      Share
Apabila telah selesai melakukan manipulasi pada video, maka tahap terakhir adalah Share. Masuk ke Share Step maka akan muncul tampilan sebagai berikut:


1.      Create Video File final berupa file video yang tersimpan di hardisk. Tipe file dapat AVI, MPEG-1, MPEG-2, VCD, SVCD, DVD, MPEG-4  Versi ini telah mendukung format HD maupun Blu-ray
2.      Create Sound File final berupa file audio yang tersimpan pada hardisk. Format yang didukung antara lain: mp4, mpa, rm, wav, wma
3.      Create Disc video akan dirender dan disimpan pada temporary file berupa image kemudian proses burning pada media penyimpanan Disc. Format yang telah didukung adalah Blu-ray, AVCHD, DVD, VCD, SVCD
4.      Export to Mobile Device video akan dirender ke dalam format yang kompatibel dengan Mobile Device
5.      Project Playback berfungsi untuk memutar kembali hasil editing sebelum dilakukan proses rendering.
6.      DV Recording digunakan untuk merekam hasil editing ke format DV di kaset DV
7.      HDV Recording digunakan untuk merekam hasil editing ke format HDV di media kaset HDV
8.      Share Video Online video akan dirender ke format mp4 dan diupload menggunakan jaringan internet ke server youtube.com. syarat yang harus dipenuhi adalah koneksi internet dan memiliki account youtube.com.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar